Di Australia, sangatlah mudah mencari barang ‘second hand’ dalam kondisi yang prima, seperti yang telah diceritakan kawan-kawan neng koala dalam kategori belanja. Namun tak semua barang yang kita inginkan tersedia di op-shops atau garage sale. Sehingga alternatif lain adalah mencari barang idaman melalui website ‘pasar’ barang bekas.

Sebenarnya ada cukup banyak alternatif ‘pasar’ barang bekas online. Ada website allclassified.com.au, gumtree.com.au, atau website classified kampus seperti yang dimiliki ANU. Website tersebut menawarkan berbagai jenis barang ‘second hand’ yang masih dalam kondisi baik. Kadang-kadang, ada juga yang menawarkan ‘give away’ atau “freebies” alias gratis.

Namun, hunting barang bekas lewat website tersebut sifatnya untung-untungan. Tergantung apakah di website tersebut ada orang yang menjual barang yang sedang kita idam-idamkan atau tidak. Barang yang relatif mahal seperti elektronik digital (hand phone, camera, digital thermometer, dll) terkadang sulit ditemukan di website pasar barang bekas. Karena banyak penjual dari seluruh penjuru Australia bahkan dunia, maka kami punya lebih banyak pilihan ‘toko’ dan barang. Selain itu, harga di pasar barang bekas online biasanya dipatok tetap, kadang ONO atau On Nearest Offer alias bisa nego, namun seringkali tak bisa menawar cukup banyak. Sementara di ebay, karena melalui proses lelang, sehingga terkadang kita bisa mendapat barang dengan harga yang sangat murah.

Contoh barang yang pernah saya idamkan tapi sulit mencarinya adalah sepatu boots. Menjelang musim dingin tahun lalu, saya mengidamkan sepasang sepatu mid-calf leather boots yang hangat, gaya, tapi dengan harga sesuai ‘kantong’ mahasiswa. Sesudah mengubek-ubek toko sepatu di Canberra, plus menengok koleksi sepatu di op-shop sekitar, saya tak bisa dapatkan boots untuk saya yang punya ukuran betis ‘spesial’ dan yang juga ‘in budget’. Akhirnya, saya iseng browsing di ebay. Ketika saya ketik ‘mid-calf boots size 39’, search result memunculkan ratusan items! Beberapa items dijual oleh ‘toko’ sepatu online yang memang berdagang lewat ebay dan bisa dibeli langsung tanpa bidding.

Ebay sendiri ada diberbagai negara. Indonesia sendiri punya http://www.id.ebay.com/.  Sebelum ke Australia, suami saya sempat tertarik untuk mencoba membeli barang dari ebay Indonesia ini. Namun saat itu ia tak yakin dengan keamanan transaksi online di Indonesia. Selain itu, harga barang bekas yang dijual di ebay Indonesia tak begitu jauh dari harga barang baru yang dijual di ITC atau pusat grosir. Singkat kata, kami akhirnya tak tertarik sama sekali membeli barang lewat ebay Indonesia.

Sementara itu, di Australia, selain karena tak ada ITC, kami juga merasa lebih yakin dengan keamanan bertransaksi secara online di ebay. Sistem pembayaran dengan kartu kredit atau melalui paypal sudah umum dilakukan di negeri ini. Meski umum, potensi penipuan tetap ada. Namun biasanya ciri-cirinya bisa diidentifikasi sebelumnya dengan melihat consumer review. Juga jasa pengiriman yang umumnya dilakukan oleh Australian Post cukup meyakinkan. Kita bisa memantau status pengiriman barang kita dengan sistem trackingAustralian Post juga menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai jasa kurir internasional seperti DHL, FedEx, UPS, USPS; dan juga kurir nasional Australia seperti FastWay, AirRoad, TransDirect, dan lain lain.

Selain dari segi jumlah atau jenis barangnya, keuntungan dari belanja di ebay adalah dari aspek harga. Harga barang-barang di ebay bisa lebih murah dibanding harga di outlet resmi. Contohnya, sepatu boots idaman saya. Price tag sepatu boots doc-mart di sebuah toko sepatu di Canberra bisa mencapai $250, namun di ebay harga jualnya sekitar $150 untuk yang brand new, dan sekitar $70 untuk yang second hand. Juga jika sabar menerapkan strategi yang tepat ketika mengikuti lelang, kita bisa mendapatkan barang idaman dengan harga yang murah. Untuk lelang lewat ebay, kita perlu mengenal sistem lelang di ebay  dan hal-hal praktis terkait sistem pembayaran, pengiriman dan strategi lelang yang aman.

Hal-hal yang perlu diperhatikan serta tips untuk lelang lewat ebay akan diuraikan di lanjutan dari seri tulisan ebay.com.au bagian 2.

Tulisan ini adalah hasil kolaborasi dengan  “Akang Koala” Dewa Wisana