Di tulisan bagian satu,  saya berbagi beberapa keuntungan belanja lewat ebay. Di tulisan ini, saya ingin berbagi tentang apa yang perlu diperhatikan dari ebay serta strategi bidding yang sering kami terapkan.

Ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli barang-barang dari ebay: penjual, items yang diincar, pembayaran dan pengiriman, dan bidding price.

Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan terkait aspek penjual:

  1. Pilih penjual yang berasal dari Australia. Cara mengetahuinya dengan melihat di mana si penjual pertama kali mulai menjadi anggota eBay. Atau lihat di mana si penjual berdomisili – negara bagian mana di Australia. Semuanya terlihat di profil penjual.
  2. Pilih penjual dengan rating five yellow stars atau dengan emblem Top-Rated Sellers  atau penjual yang tak punya negative comments.
  3. Bacalah feedback yang diberikan untuk si penjual. Cari feedback yang terkait dengan items yang kita inginkan.
  4. Jika ragu, cek seberapa jujur dan serius si penjual dengan bertanya ke penjual lewat fasilitas di ebay tentang items yang diminati. Jawaban si penjual bisa menandakan seberapa baik dan informatifnya si penjual.

Hal yang perlu diperhatikan terkait aspek items yang diincar:

  1. Ada items yang populer dan banyak tersedia di ebay, namun ada juga yang tidak. Item yang diincar bisa ditawarkan di Australia atau di luar negeri. Bila di luar Australia, ada hal-hal terkait pengiriman yang perlu diperhatikan, seperti tambahan biaya untuk tax/duty.
  2. Cek harga resmi atau RRP (Recommended Retail Price) items yang diincar. Items yang relatif masih baru, harga ‘second’-nya biasanya tak terlalu jauh dari RRP, terutama jika sangat diminati. Contohnya, handphone, laptop atau asesoris fotografi.
  3. Watching beberapa items sekaligus. Simak berapa harga final ketika lelang berakhir untuk items yang ‘melimpah’ agar kita tahu harga pasaran items tersebut di ebay.
  4. Cari items dengan foto dan detil fiturnya agar kita bisa makin detil menilai kualitas barang incaran. Penjual yang jujur biasanya menyebutkan wear and tear atau tiny mark but not directly visible atau istilah lain untuk menjelaskan kondisi barangnya.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan terkait aspek pembayaran dan pengiriman:

  1. Paypal adalah jasa pembayaran yang direkomendasikan di ebay. Penjual kadang menyediakan cara pembayaran lewat bank transfer atau check. Keuntungan dengan paypal adalah keamanan dan kemudahan untuk verifikasi alamat. Juga, jika ada sengketa, peluang untuk refund relatif besar dibanding bank transfer.
  2. Pengiriman barang biasanya dengan jasa Australian Post. Penjual yang baik akan mengirim barang dengan fasilitas tracking, terutama jika items cukup besar atau  berharga.
  3. Perhatikan berapa tarif pengiriman yang ditetapkan penjual. Lebih baik lagi jika si penjual menawarkan free postage.
  4. Jika membeli items dari luar Australia, siap-siap dengan waktu pengiriman yang relatif lama dan nilai items yang mungkin layak kena duty. Aturan bea masuk barang impor di Australia menyebutkan, items yang masuk ke Australia bernilai $1000 atau lebih wajib membayar duty.

Tentang bagaimana cara bidding di ebay, bisa dipelajari lebih lanjut disini. Perlu diketahui bahwa semakin diminati suatu items maka bidding price juga akan semakin mahal dan banyak juga penawar atau bidder yang bermain. Strategi kami biasanya adalah menawar – bid – saat menjelang masa lelang hampir berakhir. Jika items sangat diminati, semua pembeli potensial akan muncul dan mulai menawar di saat lima menit menjelang lelang berakhir. Di sinilah ‘seni’ dan strategi lelang di ebay yang sesungguhnya: memperhatikan nilai bidding dari setiap penawar dan menghitung kira-kira berapa seharusnya kita mengajukan penawaran. Sebaiknya tetapkan bujet  sejak awal dan jangan sampai terbawa nafsu menawarkan harga tinggi. Biasanya, para penawar sangat aktif bahkan di saat satu-dua menit terakhir menjelang akhir lelang untuk items yang sangat diminati.

Selain sistem lelang atau bidding, ada beberapa penjual yang juga menawarkan items dengan sistem ‘beli langsung’ atau buy it now. Artinya, kita tidak perlu mengajukan harga tapi langsung membayar harga yang ditawarkan penjual. Biasanya ini untuk brand new items. Alternatif lain, si penjual kadang juga memberikan opsi ‘mengajukan penawaran’ atau make an offer. Tapi, alternatif ini tidak terlalu banyak berpengaruh bagi pembeli karena patokan harga yang ditetapkan oleh penjual tetap berasal dari harga beli langsung.

So, Happy Bidding!

Tulisan ini adalah hasil kolaborasi dengan “Akang Koala” Dewa Wisana.