Salah satu kegiatan yang biasanya paling kunantikan di akhir pekan adalah kunjungan ke ‘gudang harta karun’ di salah satu lokasi pembuangan sampah paling besar di Canberra.

Sampah, katamu barusan? Yap betul!

Kata orang sini “Someone’s trash could be some other’s treasure”. Dan sudah sering pula kutemukan barang-barang berharga di antara gunungan barang bekas yang dijual kembali di Resource Centre.

Sejak pertama kali datang ke Canberra, ketika isi rumah masih belum banyak, hingga satu setengah tahun kemudian, hampir tiap sebulan sekali kami berkunjung ke sini. Mau cari perabotan rumah, peralatan masak, sepeda, kereta bayi, mainan anak, baju, aksesori dan spare part mobil, barang elektronik, white goods, hingga daun pintu pun semua ada di sini!

Waktu itu kami menemukan satu set alat piknik vintage untuk melengkapi rencana jalan-jalan ke luar kota pas libur panjang. Temanku bahkan berhasil menemukan sepasang sepatu katak untuk snorkelling dalam kondisi yang masih sangat bagus. Pokoknya seru deh ngubek-ngubek seisi gudang itu.

Barang-barang bekas yang dijual di Resource Centre pada umumnya sudah dipilah dan dikelompokkan dalam koridor-koridor belanja berdasarkan jenisnya masing-masing. Namun tidak ada label harga yang menyertai setiap barang layaknya di toko swalayan. Pengunjung tinggal membawa belanjaannya ke petugas kasir, yang kemudian akan menaksir total harga barang-barang tersebut. Harga juga masih boleh ditawar, lho!

Lumayan lah, waktu itu kami membeli rak buku dua tingkat seharga $5, penggorengan $1, dan tong sampah 50 sen. Keranjang piknik vintage pun hanya $3!

Memang sih, kita harus teliti dalam memilih barang sebelum membeli. Dan terkadang ada unsur untung-untungan juga ketika mencari barang yang kondisinya masih bagus.

Sebaliknya, ketika kita sudah tidak membutuhkan barang tertentu, ada lokasi drop-off di luar gedung Resource Centre yang bisa digunakan untuk meninggalkan barang-barang yang kondisinya masih layak dipakai oleh orang lain.

Terdapat dua lokasi Resource Centre di Canberra: Mitchell di North Side dan Hume di South Side.

So what are you waiting for, ladies? Lets go hunting for some trash ‘n treasure!