Mungkin banyak teman di Australia tahu kalau Canberra sepiiiii dan tidak banyak tempat wisata nya. Rata-rata tempat wisata di Canberra adalah wisata alam, dimana kami pun menyukai. Sebenarnya banyak tempat wisata dekat Canberra sekitar 1-4 jam driving, juga yang bisa dikunjungi dari Canberra lewat Batemans Bay all the way hingga deretan the whitest beaches in the world di sekitaran Jervis Bay. Itu pun bisa diteruskan ke Sydney lewat jalur Grand Pacific Drive. Ya, Sydney merupakan kota besar terdekat yang seringkali menjadi tempat tujuan bermain student Canberra.

Namun pada tulisan kali ini kami hanya akan bercerita mengenai have fun to the max di Sydney dalam dua hari di akhir pekan. Tentunya ala student.

1. Kami biasanya berangkat hari Sabtu pagi-pagi dari Canberra, sampai di Sydney kurang lebih 3 jam.

2. Kemudian, untuk parkir di Sydney, kami sebelumnya booking gedung parkir secara online. Gedung parkir ini cukup murah, seharian hari sabtu atau minggu cuma $10 dollar, benar-benar di samping Darling Harbour, lokasi dimana banyak tempat wisata yang dituju.

3. Kami sudah memiliki Merlin Pass yang dapat kami gunakan untuk masuk ke berbagai tempat wisata, terutama di Sydney.  Saran dari kami, bila anak masih dibawah 4 tahun, maka biasanya gratis, jadi perhatikan mana yang lebih murah, membeli family pass, atau individual pass untuk masing-masing. Apalagi student ada special rate nya. Kemudian, tempat pengambilan kartu (tempat wisata yang akan dikunjungi pertama kali) dapat memberikan diskon sehingga harga bisa berbeda tergantung tempat yang akan dikunjungi pertama kali. Di Sydney, tempat wisata yang dapat dikunjungi ada beberapa. Di sekitaran Darling Harbour ada  Sydney AquariumMadame Tussauds Sydney dan WILD LIFE Sydney Zoo. Di daerah Darling Harbour ini ada Darling Quarter, yang merupakan public park tapi keren sekali lho…jangan lupa membawa baju ganti karena ada water works nya. Di daerah City dekat Victoria Building, gedung kuno yang dijadikan mall mewah, ada Sydney Tower Eye. Di Sydney Tower Eye ada tontonan 4D seru lho. Kemudian di Manly ada Manly SEA LIFE dimana kita bisa capai dengan ferry melalui Circular Quay. Merlin Pass ini dapat digunakan selama setahun dan unlimited entry ke tempat-tempat wisata yang ditawarkan.

Sydney Tower
Pemandangan kota Sydney pada malam hari dari Sydney Tower

4. Untuk hari minggu, mobil bisa ditinggal di daerah suburb, sebelum city dimana parkir gratis. Kemudian kami membeli Family Funday Sunday tickets, hanya $2.50 per orang, anak dibawah 4 tahun  gratis. Nah dengan ini kami bisa naik segala moda transportasi sepuas-puasnya pada hari itu. Nah karena ini maka tempat wisata yang harus diakses pakai ferry, kami kunjungi hari ini atau bila ingin ke Blue Mountain pun bisa. Pada saat kami ke Manly hari minggu, kami memarkir mobil di dekat Central Railway Station pintu Chalmers street karena pada hari Minggu, di jalan-jalan kecil sepanjang Chalmers street banyak tempat parkir gratis. Dari Central Railway Station, kami membeli Funday Sunday tickets dan naik City Circle train menuju Circular Quay. Di Circular Quay kami turun dan langsung naik ferry ke Manly. Sea Life Manly terletak tidak jauh dari tempat ferry berhenti.

5. Booking akomodasi tidak perlu dekat city karena toh kami dapat membawa mobil yang bisa di parkir murah di sekitaran city atau daerah wisata tersebut. Kami biasanya booking akomodasi di suburb (daerah bukan city). Ada berbagai macam lodge di sekitaran Randwick, dimana family room sekitar $120 semalam. Ada juga hotel Formule 1 di beberapa titik lokasi atau suburb di Sydney dimana standard room nya bisa untuk tiga orang terdiri dari bunk bed double-single dengan harga sekitar $89 semalam. Untuk kami sekeluarga yang terdiri dari 2 orang dewasa, 1 anak dan 1 balita, akomodasi ini cukup memadai dan anak kami yang balita dianggap dibawah umur (toddler dibawa 4 tahun) sehingga diperbolehkan tidur gratis.

Selain menginap di budget accommodation, agar lebih murah bisa juga hanya day trip ke Sydney atau menyewa kamar di tempat student di Sydney (harus ada koneksi ke perkumpulan atau milis student Indonesia di Sydney), semua tergantung budget. Mungkin berikutnya kami akan bercerita mengenai perjalanan melewati Jervis Bay dan Grand Pacific Drive sambil ber-camping ria, akomodasi murah meriah tapi fun! Dalam perjalan tersebut kami bisa melewati Illawarra Fly yang merupakan salah satu tempat wisata yang ditawarkan oleh Merlin Pass.

Jalan-jalan terus, ngirit juga ayo!