Punya anak itu mahal. Siapa yang akan ngeyel dengan statement itu. Tidak ada saya kira. Apalagi jika dibandingankan dengan standar hidup Indonesia untuk keluarga muda yang hidup di negeri orang dengan beasiswa untuk satu orang saja, bukan untuk sekeluarga. Tapi… selalu ada perkecualian kan? Yupe! Alhamdulillah keluarga kami menjadi salah satu keluarga muda yang mendapat kesempatan merasakan hidup di Australia dengan beasiswa dari pemerintah Australia. Memang masih saja, punya anak itu mahal, apalagi anaknya dua, sama-sama toddler. Tetapi so far masih manageable, masih bisa balance antara income dan pengeluaran.

Pada saat menjelang keberangkatan kami sekeluarga, saya cukup panik dengan keperluan dan kebutuhan anak-anak ini. Takut kemahalan, dan kami tidak akan mampu membelinya dengan uang beasiswa atau hasil bekerja. Sebagian besar mainan anak-anak saya bawa. Juga keperluan makan dan menyusu bayi saya (ketika berangkat anak saya yang kecil berusia 7 bulan). Toilet training equipment anak yg besar (2,5 tahun ketika itu). Dan saya masih menyempatkan belanja pakaian untuk mereka. Banyak sekali! Ditambah dengan segala kado dan hadiah dari nenek-nenek mereka. Wal hasil ketika check in: excess baggage! Cukup banyak yang kami harus bayar untuk membawa semua barang itu.

Sesampainya di Canberra dan mulai settling in as a family semakin saya menyesal mengeluarkan uang sebanyak itu untuk membayar excess baggage.  Kenapa? Karena baru tau kalau semua itu ada di Canberra dan dapat diperoleh dengan harga yang sangat terjangkau dengan saku mahasiswa! Memang pakaian, mainan, buku-buku untuk anak-anak itu tidak semuanya baru, tapi kualitasnya (juga brand!-nya) cukup dapat dihandalkan.

Keperluan anak-anak sangat mudah ditemui dan dibeli di Canberra, mulai dari garage sale, school fete, Sunday markets, op-shops Vinnies dan Salvo dan favorite saya adalah Baby and Kids Market (BKM). Yang seneng dengan BKM tidak hanya saya lho.. coba check di fan page BKM di facebook.

Tidak seperti op shops yang buka setiap hari kerja, atau Sunday market atau garage sale yang seminggu sekali, BKM ada sebulan atau dua bulan sekali. Di Canberra selalu diadakan di EPIC, hari sabtu jam 9-12 pada tanggal-tanggal tertentu, cek di sini untuk jadwalnya. Dan saya sudah menandai kalender saya pada tanggal berapa saja BKM di EPIC. Untuk bisa berkunjung ke ‘pasar’ ini cukup sediakan $4 untuk masuk dan gratis untuk anak-anak. Setelah membayar, tangan anda akan diberi stempel.

source: http://www.kidspot.com.au/babykidsmarket/

BKM adalah pasar tempat keluarga menjual barang-barang pre-loved keperluan bayi dan anak-anak. Pre-loved adalah istilah untuk barang sudah dipakai, tapi dirawat sebagai barang kesayangan sehingga kondisinya masih sangat bagus. Saat ini sudah semakin banyak yang berjualan barang-barang baru. Tetapi minat saya masih pada barang-barang pre-loved.  Banyak items yang dijual di BKM mulai dari pakaian, mainan, keperluan makan atau toilet training, car seat, stroller, juga buku-buku. Meski hampir semua item diberi harga, semuanya dengan harga ‘garage sale’ karena sebenarnya BKM adalah garage sale bareng-bareng untuk baby and kid items. Harga belum tentu itu harga pas lho. Jika membeli beberapa barang sekaligus, jika menawar hampir bisa dipastikan akan diberikan. Nggak ada salahnya kok menawar, asal reasonable tawarannya. Kan ada chance untuk dikasih. Kisaran harganya mulai dari 10 cents sampai puluhan dollar, tergantung item-nya. Yang jelas jika dibanding barang yang sama namun dibeli baru sangat jauh lebih murah. Soal kualitas? seperti halnya belanja di second hand shops, mesti teliti! Tetapi biasanya semakin bagus kualitasnya (makin seperti baru) semakin mahal harganya dan begitu juga sebaliknya.

Seperti halnya pasar/ kios second hands lainnya, tentu saja faktor keberuntungan sangat menentukan. Yang saya lakukan biasanya berangkat dari rumah sekitar jam 9. Karena baru saja buka, masih banyak pilihan, tetapi biasanya harga juga masih cukup ‘mahal’. Berkeliling beberapa kali untuk ‘huntingitems yang saya memang perlukan dan membayarnya dengan sedikit menawar. Setelah items yang penting sudah saya dapatkan, saya akan menunggu hingga menjelang tutup jam 12 untuk mendapatkan diskon lebih lagi, karena sebagian penyewa booth memilih untuk menjual habis ‘dagangan’nya daripada membawanya pulang. Sesi ini biasanya saya gunakan untuk membeli buku-buku dan mainan anak-anak.  Setelah itu pasti kaki sudah pegal, tas sudah penuh tapi hati riang karena mendapat hasil ‘buruan’ cukup banyak tanpa harus merogoh saku dalam-dalam..

Meski tangan distempel supaya bisa keluar masuk berkali-kali, bagi saya jika sudah masuk ke BKM pantang keluar sebelum puas berburu 🙂