Ketika kita tiba di negara tujuan untuk keperluan studi, hal pertama yang ingin kita lakukan adalah memberi kabar keluarga, kerabat, teman di tanah air bahwa kita telah sampai dengan selamat dan semuanya lancar. Kita membutuhkan sarana komunikasi yang bisa kita handalkan selama kita belajar di luar negeri agar kita bisa selalu terhubung dengan kerabat di tanah air atau di mana pun.

Yang mungkin tidak bisa tidak kita punyai adalah telepon genggam. Ada dua opsi yang umum ditawarkan di Australia, yaitu prepaid dan plan. Dengan sistem pre-paid kita cukup leluasa mengatur kebutuhan pulsa yang kita gunakan dan tinggal menambahkan/mengisi ulang jika pulsa habis. Pilihan plan cukup ‘menggiurkan’ dengan nilai yang mungkin sama dengan pre-paid kita dalam kontrak bisa menikmati handphone baru tanpa ada tambahan biaya. Namun, yang perlu diingat dengan sistem ini adalah masa kontrak jangan sampai melebihi masa studi/ijin tinggal/masa berlaku visa. Jika karena kita ingin handphone ‘gratis’ dan memutuskan untuk mengikatkan diri dalam kontrak plan, kita harus bersiap dengan keribetan menjelang kepulangan kita karena kita harus mengakhiri kontrak sebelum masanya dan kita perlu membayar dengan nominal tertentu yang menjadikan pilihan plan menjadi jauh lebih mahal dibanding pre-paid. Provider “besar” yang layak dijadikan pertimbangan dalam memilih penyedia jasa telepon genggam di Australia antara lain: Vodafone, Optus,  TelstraLebara, TPG, dan Dodo. Silakan browsing saja untuk mencari tahu penawaran terbaik dan teroptimum sesuai kebutuhan kita. Vodafone, Optus, Telstra merupakan provider yang big player dan memiliki kelebihan tersendiri seperti network coverage dan product offerings seperti gratis telepon sesama atau gratis sms sesama. Namun, ada pula beberapa mobile phone provider seperti Lebara, TPG, dan Dodo yang mungkin lebih menguntungkan untuk student dengan pola penggunaan yang berbeda, misal dengan memberikan rate yang kompetitif buat telepon ke luar negeri termasuk Indonesia. Untuk yang banyak menelpon ke nomor lokal Jakarta, ada operator mobile yang murmer menelpon ke Indonesia termasuk gratis ke nomor telepon lokal Jakarta dengan biaya connecting fee murah. Dengan once off payment per call hanya beberapa sen lebih baik telepon yang lama sekalian daripada berkali-kali telepon karena ada connecting fee ini.

Hal lain yang menunjang komunikasi kita adalah sambungan internet. Ada beberapa opsi, yang paling umum di Australia saat ini adalah mobile broadband, baik pre-paid atau dalam kontrak plan. Biasanya yang bundle jadi satu paket dengan handphone biayanya lebih rendah dengan fasilitas yang optimal. Memilih mobile broadband disarankan jika kita punya peluang untuk berpindah tempat tinggal. Provider mana yang terbaik dalam memberikan jasanya sangat tergantung dengan lokasi penggunaannya. Ada baiknya cek dulu dengan coverage map provider dan bertanya kepada teman yang telah menggunakan lebih dulu di lokasi sekitarnya. Belum tentu provider yang bagus servicenya di satu tempat akan bagus juga di tempat kita. Jika memungkinkan, lakukan tes dengan kartu pre-paid. Jika servicenya memang baik, kita bisa berpindah ke sistem plan bundled dengan handphone-nya.

Jika di lokasi kita sambungan fixed land tersedia, ini juga dapat menjadi pilihan karena servicenya lebih stabil dibandingkan yang mobile. Biasanya, sambungan fixed land bundled dengan sambungan telepon. Jika ada sambungan fixed line di rumah, komunikasi ke tanah air bisa dilakukan dengan calling card yang biayanya jauh lebih murah daripada langsung menggunakan handphone. Ada info dari teman pengguna calling card bahwa semua pulsa calling card bisa habis sendiri bila tidak dipakai karena ada biaya admin per hari. Bahkan ada cerita seorang kawan yang merasa ‘kecurian’ karena sekian lama tidak menggunakan calling card-nya, tiba-tiba pulsanya habis. Jika kerabat di tanah air juga sudah tersambung internet, video call menggunakan internet menjadi opsi yang murah meriah juga.

20120903-222055.jpg
Source: http://www.computoredge.com/images/2714/VideoCallsCartoon.jpg

Jika kita tinggal dalam satu rumah share dengan beberapa orang lain, opsi sambungan internet yang paling ekonomis adalah langganan internet ADSL dengan unlimited downloads yang harga perbulannya sangat terjangkau dengan patungan antara 2-5 orang. Beberapa kelebihannya adalah: jaringan internet lancar, tidak ada batasan penggunaan internet, dan biayanya jauh lebih murah daripada langganan sendiri-sendiri. Untuk dapat menikmati jasa ini perlu dicek juga apakah wilayah kita termasuk yang sudah ter-cover.

Sementara itu yang bisa saya tulis.. Semoga bermanfaat ya! 🙂