Sepertinya banyak yang penasaran nih ingin tahu info lebih lengkap mengenai Child Care Benefit (CCB). Penjelasan mengenai permohonan CCB akan dibahas tuntas di seri kedua ini. Setelah memenuhi semua persyaratan yang disebutkan di seri pertama artikel ini, pemohon selanjutnya dapat mendaptarkan aplikasi CCBnya melalui tiga cara. Pertama, pemohon dapat datang langsung ke kantor Family Assistance terdekat. Jika anda sibuk, cara kedua dan ketiga bisa digunakan yaitu melalui pelayanan secara daring (online) ataupun melalui telepon. Jika anda memilih cara kedua, anda cukup membuka website kantor Family Assistance di www.familyassist.gov.au. Selanjutnya anda akan mendapatkan nomer akses pelanggan (customer access number) dan password. Nomer dan password tersebut sangat penting jika anda mengklaim CCB maupun untuk memperbarui detail anda sebagai pemohon, misalnya jika terjadi perubahan alamat rumah maupun rekening bank untuk menerima CCB. Cara ketiga melalui telepon juga prinsipnya sama dengan cara ketiga dimana anda akan menerima nomer pelanggan dan password.

Berikut ini informasi yang paling penting. Jika anda ingin mengklaim CCB, anda sebagai pemohon harus mengisi formulir aplikasi dan menyediakan beberapa dokumen penting. Berikut dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan :

  • Surat keterangan dari scholarship liaison officer yang menyatakan bahwa anda adalah mahasiswa yang disponsori beasiswa tertentu
  • Paspor pemohon dan fotokopi paspor anak
  • Fotokopi akte lahir anak yang sudah diterjemahkan dan dilegalisir

    Bagi pengguna childcare, sudahkah anda mengajukan CCR? (sumber : www.mychild.gov.au)
  • Fotokopi kartu keluarga yang sudah diterjemahkan dan dilegalisir
  • Fotokopi akte nikah yang sudah diterjemahkan dan dilegalisir
  • Fotokopi riwayat imunisasi anak

Pada saat pengisian formulir, anda dapat memilih salah satu dari dua opsi pembayaran CCB, yaitu pengurangan biaya childcare ataukah secara lump sum. Jika opsi pertama yang dipilih, CCB akan dibayarkan langsung ke childcare dan anda tinggal membayar gap atau kekurangannya. Untuk opsi kedua, artinya anda membayar secara penuh ke childcare selama satu tahun.

Setelah itu anda bisa mengajukan klaim. Info lebih lanjut mengenai pembayaran klaim CCB bisa dilihat di http://www.centrelink.gov.au/internet/internet.nsf/payments/childcare_benefit.htm Selain itu anda juga perlu mengklarifikasi apakah anda akan mengajukan child care rebate (CCR) atau tidak.   CCR adalah skema bantuan yang masih terkait dengan CCB melalui penggantian 50% dari biaya  childcare yang sudah dibayarkan pemohon. Jadi, walaupun anda tidak memenuhi persyaratan CCB (misal karena penghasilan yang besar) , anda masih berhak menerima CCR.Sebagai gambaran buat teman-teman semua, saya mengacu pada pengalaman pribadi. Setelah memenuhi semua persyaratan, saya dinyatakan berhak menerima CCB sampai dengan 50 jam. Jika tanpa CCB, saya harus membayar childcare fee sebesar $290/minggu. Dengan CCB, saya cukup membayar $100. Sungguh skema bantuan yang luar biasa. Tidak hanya itu, setiap tiga bulan saya menerima CCR dari uang yang sudah saya keluarkan. Jadi kalau dihitung, setiap minggunya biaya childcare yang dibayarkan hanya $50. Beratnya beban finansial yang selama ini ditakutkan pun hilang sudah. CCB membuat semuanya terasa ringan.